Minggu, 05 Desember 2010

i'm back!

Tsalatsa, 06 April 2010
Beberapa waktu lalu selepas diklat selama 3 hari dari senin sampai rabu 29-31 Maret 2010 serasa ada ‘charge’ energy baru buatku, memeluk kembali aktivitas yang menyenangkan, menata ulang ruang kelas agar lebih nyaman buat anak – anak. Satu celutukan Jayeng menggugahku, “Kenapa Bu guru berhenti ‘menyenangkan’?” tanyanya dengan wajah yang begitu polos, aku terhenyak, subhanalloh! Benarkah? Berapa lama aku berhenti ‘menyenangkan’ untuk anak – anak? Berapa lama aku tak perduli dengan mereka? Berapa lama aku sibuk berkutat dengan masalahku? Ya! Jujur kuakui ada begitu banyak hal yang membuatku menghantarkan kegiatan pembelajaran sekedarnya saja, ampun!
“Kalau Bu guru berhenti menyenangkan, berarti sekarang bagaimana?” tanyaku.
“Menyenangkan!” teriaknya diiyakan teman – temannya yang lain.
Aku tersenyum, pas! Pekikku dalam hati, ini saatnya dewi mora come back!


Sebenarnya ada ‘sedih’ terpatri dalam hati, kenapa diklat itu belum mempunyai ‘impact’ yang berarti di lembaga-ku, aku merasa separuh tubuhku ‘mati’ dan kembali sendiri dengan keyakinanku tentang semua arti ‘pendidikan’ dan apa yang ingin kususun, sebenarnya kenapa kami begitu ‘njomplang?’, apa aku terlalu ‘sombong’? suatu waktu aku juga kepingin terbang dan hinggap di sebuah tempat yang mampu mewadahi semua aspirasiku tentang hidup dan kehidupan dan juga pendidikan anak, sepiiiii sekali di tempatku, semuanya seperti ‘tak ada apa – apa’.

Sebenarnya apa yang kucari dalam sebuah kegiatan ‘pendidikan’? apa yang kuinginkan? Apa juga yang hendak kucapai? Aku juga masih meraba bayangan hitam panjang yang tak jelas di angan – angan, tapi my positive feeling that I still have the ‘shadow’….
Pendidikan bagiku adalah sebuah proses yang takkan berhenti sampai kapan pun, jika kita berhenti mendidik diri kita maka sesungguhnya kita berada di ambang kematian. Aku suka ‘bergerak’ dinamis, aku juga suka menjadi ‘manusia’ baru dalam segala hal, aku suka menjadi ‘rakus’ terhadap ilmu, aku juga suka ‘melihat’ anak – anakku ber-‘semangat’ menjalani hidup! Aku suka merasakan proses mereka berusaha untuk menjadi ‘bisa’ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya