Rabu, 08 Desember 2010

MOM'S GO BLOGGING - Hobby Membaca Anakku, menakjubkan!

Sebagai Bunda, aku suka kewalahan menghadapi animo zakki yang luar biasa terhadap buku, bayangkan saja bangun tidur, duduk anguk – anguk terus mengambil buku dan bilang “Nda, baca!” dengan ketidak ceto-annya, tapi aku mengerti maksudnya, terus begitu sampai aku benar – benar membacakan buku itu untuknya. Zakki tahu apabila aku cuma asal – asalan membacakan buku untuknya, dia akan menangis marah, jadi deh semua ditunda demi membacakan buku buat zakki. Belum lagi kalau aku sedang beraktivitas di dapur, dia datang dengan buku yang diinginkannya untuk dibaca, maka ia akan terus merengek agar aku membacakan buku itu untuknya. Subhanalloh!

Dari hari ke hari buku kesukaannya semakin beragam, tapi yang paling disukainya adalah “the tale of peter rabbit” dan “cerita 25 Nabi dan Rosul”.

Suatu pagi di hari sabtu, pagi yang cukup sibuk kurasa, aku beraktivitas di dapur dan seperti biasa program TV “spongebob” kunyalakan, dia tidak tertarik, dia mengambil buku di rak dipan, kembali ke depan TV dan membelakanginya, kakinya diselonjorkan dengan relaks, buku “25 Nabi dan Rosul” diletakkan di atas kakinya dan mulailah dia bereksplorasi, giliranku yang terkejut dan menghentikan aktivitasku, kudekati dia dan mulai menikmati setiap mimiknya saat ‘membaca’ buku itu, dan subhanalloh! Dia duduk sambil mengeksplorasi buku itu sekitar 15 menit! Di usianya -kala itu- yang masih 19 bulan?

Wow! It’s amazing things kan? Yah, paling tidak buat bunda-nya yang masih belum begitu ‘pandai’ menjalankan peran sebagaimana bunda – bunda yang senior. Akhirnya aku berusaha memfasilitasinya, kusediakan waktu ‘lebih khusus’ lagi untuk ‘membantu’-nya ‘merangsang’ kesukaannya, dan hari ini pun dia meluangkan waktu ‘membaca’ sendiri sambil kutemani selama lebih kurang 15 menit.

Zakki adalah sumber ‘energi’ untukku yang kadang ‘membakar’, namun terkadang juga membuatku ‘terbakar’, jadi ibu memang sebuah ‘profesi’ luar biasa. Kuacungkan jempol bagi semua ibu yang telah mendampingi anak – anaknya, sebuah ‘prestasi’ tersendiri yang sangat luar biasa. Satu ‘semangat’ kecilnya terasa begitu menyenangkan meski kadang ‘capek’ juga mengikuti kemauannya yang sangat dinamis. Aku sering bertanya dalam hati bagaimana dengan para ummahat yang memiliki ‘anugerah’ yang luar biasa juga dengan jumlah yang ‘luar biasa’ namun tetap menghadapi semuanya dengan ‘senyum’? Ya Alloh…. Izinkan aku, tiupkan dalam hatiku kesabaran dan keteduhan sehingga yang hadir hanyalah senyuman buat anak – anakku khususnya my lovely zakki 
Amiiin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya